top of page

Panduan #2: PANDUAN LENGKAP Pendaftaran Sidang Tugas Akhir, Wisuda, dan Berkas Selesai Wisuda (Bag.2


Sumber gambar: unsri.ac.id

B. Panduan Pendaftaran Yudisium dan Wisuda

Cieee yang akhirnya sudah selesai sidang skripsi. Rasanya dunia enteng banget, ya? Bunga indah dan harum sudah di tangan. Tak lupa memposting foto kemudian. Eits, tapi kamu gak bisa bersenang-senang terlalu lama. INGAT lah revisi masih menunggu diselesaikan. Disaat yang sama dateline pendaftaran wisuda juga semakin dekat.

Ayo, persiapkan semua syarat-syaratnya sekarang juga! Berikut detail persyaratannya:

1. Pendaftaran Online Wisudawan

Pendaftaran online adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk memperoleh Formulir Permohonan Wisuda. Buka website unsri dan cari di bagian pengumuman , Pengumuman Pendaftaran Wisuda Ke-1xx. Dari halaman yang muncul, unduh lampiran yang ada dan benar-benar pahami instruksi yang diberikan.

Contoh pengumuman wisuda (Sumber gambar: dokumentasi pribadi)

Setelah membaca pengumuman dengan seksama, kembali ke halaman web tadi dan klik Registrasi Wisuda. Disini kamu diminta mengisi data-data dasar sebagai mahasiswa. Siapkan juga jurnal skripsi kamu dalam bentuk .pdf dan .docx untuk diupload di laman ini. Setelah formulir lengkap, download formulirnya untuk bisa dilakukan proses selanjutnya.

Setelah di download dan print, segera lengkapi formulir ini dengan meminta tanda tangan Ketua Jurusan (dengan syarat membawa bukti lembar konsultasi selesai revisi). Tanda tangan Ketua Jurusan tadi harus dilegalisir oleh jurusan kamu agar kemudian bisa meminta tanda tangan Wakil Dekan I atau Dekan Fakultas. Tanda tangan WD 1 atau Dekan ini juga harus dilegalisir oleh fakultas.

2. Fotokopi Transkrip Nilai Dilegalisir

Setelah sidang tugas akhir, pihak jurusan akan mengeluarkan Transkrip Nilai Sementara. Minta tanda tangan Ketua Jurusan lalu fotokopi transkrip nilai sementara ini (saran saya minimal 10 lembar karena transkrip nilai asli membutuhkan proses yang lama dan panjang) lalu legalisir semuanya kecuali yang non-fotokopi.

Selain untuk pendaftaran wisuda, transkrip nilai sementara ini akan digunakan untuk melamar pekerjaan. Jadi, jangan tanggung kalau mau fotokopi!

3. Formulir Biodata Akademik Alumni

Terdapat di formulir online yang di download sebelumnya.

4. SKHU dan Ijazah SMA Dilegalisir

5. Cover Skripsi

6. Halaman Pengesahan Skripsi Dilegalisir

Tanda tangan Pembimbing I, II, dan Ketua Jurusan

7. Hasil TOEFL SULIET Dilegalisir

Format dokumen ini dapat di download disini. Saya kemarin juga menyertakan sertifikat SULIET asli yang bisa diambil di gedung KPA.

8. Formulir Data Alumni untuk Tayangan Wisuda

Terdapat di formulir online yang di download sebelumnya.

9. Fotocopy Surat Bebas Pustaka

Fotokopi lembar bebas pustaka yang sudah kamu dapatkan saat akan mendaftar sidang tugas akhir.

10. Abstrak Skripsi dalam Bahasa Inggris Dilegalisir

11. Abstrak Skripsi dalam Bahasa Indonesia Dilegalisir

12. Formulir Pengisian Ijazah

Terdapat di formulir online yang di download sebelumnya. Kolom tanda tangan Rektor tidak perlu diisi karena pihak universitas yang akan mengurusnya.

13. Bukti Registrasi Pendaftaran CDC

Selain mendaftar wisuda online, daftarkan juga diri kamu di Website Alumni Universitas Sriwijaya. Download bukti registrasinya. Dokumen ini kemudian harus dilegalisir di kantor CDC Unsri yang ada di lantai 1 gedung Rektorat.

14. Empat Lembar Pas Foto

Warna hitam putih ukuran 3 x 4 cm (laki-laki pakai jas, wanita pakai kebaya).

15. Menyerahkan/mengembalikan Kartu Pengenal Mahasiswa (KPM) Asli

16. Fotokopi Surat Keterangan Lulus (SKL) Dilegalisir

Sudah lengkap semuanya? Fotokopi semua berkas dan simpan sebagai cadangan, in case there is something missing in your folder. Lalu semua dokumen dimasukkan ke map plastik transparan untuk kemudian diserahkan ke gedung Rektorat. Selesai menyerahkan dokumen, kamu akan mendapatkan formulir yudisium dan pembuatan patung wisuda.

Isi, fotokopi, dan legalisir formulir yudisium untuk diserahkan ke jurusan di kampus indralaya dan Palembang (jika kamu mahasiswa kampus Palembang). Saat menyerahkan formulir ini juga kamu bisa mengambil undangan yudisium untuk orang tua tercinta.

Selesai urusan pendaftaran dan yudisium, jangan lupa untuk ikutan gladi bersih wisuda. Di gladi bersih ini kamu akan mendapat penjelasan detail dari awal acara sampai selesai. Dari mulai posisi duduk, cara berjalan, juga urutan pemanggilan nama wisudawan. Selesai gladi bersih juga undangan wisuda akan dibagikan.

Oh ya, sering-sering buka web unsri ya, karena tanggal yudisium, wisuda, dan gladi bisa saja berubah sewaktu-waktu. Dan akhirnya SELAMAT WISUDA! Kamu telah berhasil mencapai tahap baru dalam kehidupan kamu. Bersiap mengetuk pintu-pintu yang baru awal kesuksesan selanjutnya.

C. Panduan Pengambilan Transkrip Nilai Asli

Transkrip nilai asli biasanya bisa diambil 1-2 bulan setelah wisuda di jurusan masing-masing. Dan ada persyaratannya juga loh sebelum mendapatkan dokumen ini. Apa aja? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Pas Foto (3x4) 2 Lembar

2. Tanda Terima Abstrak

Burn data abstrak skripsi dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia ke CD. CD ini kemudian harus diberi cover dengan format yang ditentukan. Tanyakan pada petugas ICT fakultas kamu format cover CD apa yang sesuai. Setelah menyerahkan CD Abstrak, baru petugas mengisi Tanda Terima Abstrak dan dilegalisir.

3. Surat Pernyataan diatas Materai 6000

4. Surat Tanda Terima Penyerahan Laporan Tugas Akhir

Skripsi dijilid 5-6 rangkap untuk diserahkan ke pembimbing dan perpustakaan. Download format surat tanda terima laporan TA.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Setelah rampung, serahkan semua dokumen ini ke petugas jurusan untuk mendapatkan transkrip nilai asli.

Semoga postingan tentang panduan ini membawa manfaat ya! Segera sebarkan ke teman-teman dan junior yang membutuhkan. Karena sejatinya berbagi bukan hal yang tabu bukan? Hehe. Bagi kamu yang belum sempat membaca panduan sebelumnya, sok dibuka

Postingannya di PANDUAN #1.

Sampai ketemu di tulisan selanjutnya, folks!

Featured Posts 
Recent Posts 
Find Me On
  • Facebook Long Shadow
  • Twitter Long Shadow
  • YouTube Long Shadow
  • Instagram Long Shadow
Search By Tags
No tags yet.
The Memory of That Day - Kim Jong Wan (Nell)
00:00 / 00:00

Join our mailing list

Never miss an update

bottom of page